manfaat-permen-karetcuy… Setelah memakan permen karet ternyata seseorang dapat mengendalikan asupan kalori dan sebuah studi baru di Amerika juga menemukan bahwa permen karet juga dapat meningkatkan kemampuan matematika.

ni… Tim peniliti dari Baylor College of Medicine di Houston, Texas yang dipimpin oleh Craig Johnston cuy… melakukan penelitian pada 4 kelas matematika yang berisi 108 siswa yang berusia 13-16 tahun. Setengah dari para pelajar tersebut kemudian diberikan kesempatan untuk mengunyah permen karet bebas gula selama pelajaran, saat mengerjakan PR dan ketika ujian. Sebaliknya setengah lagi tidak diberikan permen karet.

Ternyata, setelah 14 minggu, tingkat nilai mereka yang mengunyah permen karet melonjak 3% dalam ujian Matematika. Bahkan saat ujian akhir, nilai mereka mengungguli pelajar yang tidak mengunyah permen karet.

Hasil temuan tersebut ternyata berkorelasi dengan tingkat stres pelajar.

Beberapa Manfaat Lain Makan Permen Karet

mau lagi cuy…?

  • Pikiran Menjadi Segar Dan Lebih Konsentrasi, Mengunyah permen karet dapat meningkatkan peredarani darah, sehingga otak banyak menerima oksigen, yang akhirnya membuat pikiran jadi lebih segar, dan konsentrasi makin menguat.
  • Kulit Wajah Menjadi Kencang, Mengunyah permen juga menggerakkan rahang, sehingga dapat menstimulasi otot-otot di wajah yang efeknya membuat kulit wajah menjadi lebih kencang.
  • Mengunyah permen karet memberikan rasa rileks, mengurangi stres, dan mengatasi kejenuhan.
  • Memulihkan saluran pencernaan pasca operasi. Sebuah penelitian yang melibatkan 158 pasien yang dilakukan Rumah Sakit St Mary, London, menyebutkan, mereka yang mengunyah permen karet setelah menjalani operasi usus, fungsi saluran cernanya lebih cepat kembali normal. Dalam uji klinis, sekelompok pasien yang mengunyah permen karet 5-45 menit tiga kali sehari seusai operasi dibandingkan dengan pasien yang tidak mengunyah permen karet. Hasilnya, pasien yang mengunyah permen karet akan mengeluarkan gas atau buang angin rata-rata 0,66 kali dibandingkan yang tidak mengunyah sekitar 1,10 kali gas. Seperti diketahui, normalnya fungsi saluran pencernaan pasca operasi ditandai dengan buang angin. Dengan kata lain, mereka yang mengunyah permen karet lebih cepat sembuh dan tak perlu berlama-lama tinggal di RS.
  • Membersihkan kotoran gigi, Mengunyah permen karet tanpa gula secara teratur dapat membantu mengangkat dan membersihkan kotoran yang tersisa di gigi, melindungi gigi dari kerusakan.
  • Selain itu, mengunyah permen karet dapat menggantikan kegiatan menggosok gigi setelah makan karena saat mengunyah permen karet mulut akan menghasilkan air liur yang dapat menetralkan asam dan mencegah pengeroposan gigi di atas 40%.
  • Mengurangi kantuk, Mengunyah permen karet akan melancarkan peredaran darah ke otak sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kinerja yang berkaitan dengan konsentrasi, kewaspadaan, dan perhatian.
  • Meningkatkan Daya Ingat. Mengunyah permen karet menurut penelitian University of Northumbria dan Cognitive Research Unit (Reading) di Inggris dapat meningkatkan kemampuan mengingat kata-kata sampai 35 persen. karena saat mengunyah permen karet akan meningkatkan detak jantung yang mengakibatkan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang dipompa ke otak sehingga proses ini merangsang bagian otak yang berhubungan dengan daya ingat.
  • Melangsingkan tubuh, Mengunyah dan makan permen karet setelah makan menurut penelitian akan mengonsumsi lebih sedikit kalori saat jam makan berikutnya dan sebuah permen karet hanya mengandung 5-10 kalori, sedangkan apabila anda mengunyahnya selama satu jam dapat membakar ± 50 kalori.   He..he..tapi ya tidak se simple ini kan ? (pola makan temen-temen BLABASTERS  juga tetap harus di jaga ye……..) :)