1. MONGOLIAN DEATH WORM

moster yang tinggal dikawasan gurun gobi. masuk dalam golongan mahluk kritozoologi.
wujudnya berupa sesosok cacing gemuk, dengan panjang antara 2-5 kaki (0.6 s/d 1.5 meter), warna kuning katanya sangat menarik perhatiannya

di tempat asalnya, dia diberi nama allghoi (atau orghoi) khorkhoi (хорхой) yang berarti “cacing darah”, julukan itu diberikan karena pada suatu kali terlihat, mahluk tersebut dilaporkan berbentuk seperti usus sapi besar yang berwarna merah. kemampuan mengerikan lainnya adalah, mahluk ini dapat menyemburkan racun berwarna kuning ketika diserang serta kemampuan untuk membunuh dari jarak jauh (sengatan listrik)

salah seorang penyelidik hewan ini adalah seorang penulis bernama Ivan Mackerle, mengatakan dalam tulisannya di majalah Fate (Juni 1991) bahwa monster ini membunuh mangsanya dengan sengatan listrik. ahli kehewanan dari Inggris bernama Karl Shuker berhasil mendapatkan perhatian dari pemerintah inggris untuk meneliti mahluk ini lebih lanjut karena meluncurkan bukunya pada tahun 1996 yang berjudul The Unexplained[. diikuti oleh yang lain setelah tahun – tahun berikutnya, beberapa pelajar mennulis penelitian tentang hewan ini dan karya tulis tersebut dicetak ulang dalam bentuk buku berjudul The Beasts That Hide From Man. sedangkan Loren coleman menulis penelitian hewan ini dalam buku berjudul Cryptozoology A to Z

sebuah ekspedisi gabungan dilakukan pada tahun 2005 oleh Centre for Fortean Zoology dan E-Mongol untuk meneliti dan melaporkan keberadaan hewan ini.dalam ekspedisi tersebut tidak menemukan bukti apapun tentang keberadaan hewa ini. tapi adanya teori kemungkinan tentang keberadaan hewan ini di dasar tanah wilayah gurun gobi, sepanjang area mongolia/ perbatasan cina.

sedangkan ekspedisi terakhir dilakukan pada tahun 2007 oleh sebuah reality shw yang berjudul Destination Truth.. monster ini juga tertulis dalam ccerita pendek yang ditulis oleh Ivan Yefremov dan pada tahun 2007 dalam novel berjudul Spook Country yang ditulis oleh William Gibson.

2.MAPINGUARI

mapinguari (atau mapinguary) adalah hewan legenda yang bergerak lambat yang berada di dalam tanah, berbulu merah, yang hidup di hutan amazon (antara brazil dan bolivia). menurut penduduk lokal. mahluk ini memiliki ciri ciri aneh yang meyerupai hewan2 yang biasa diceritakan dalam mithologi brazil. seperti, cakar yang panjang, kulit yang keras, memiliki kaki belakang serta mulut kedua yang terletak di perutnya.

walaupun lambat, tetapi monster ini sangat berbahaya, hal ini dikarenakan kemampuannya untuk bergerak tanpa suara diantara pepohonan, kelemahannya adalah daerah perairan yang menghambat pergerakannya (sungai,danau dll). beberapa saksi mengatakan bahwa monster ini adalah hewan karnivora tetapi jarang memakan manusia. ketika monster ini mencium keberadaan manusia, dia akan berdiri dengan kaki belakangnya. tingginya sekitar 2 meter, dan gerakannya mirip seperti beruang Grizzly.

banyak ahli cryptozoologi berdebat tentang keberadaan hewan ini, beberapa dari mereka mengatakan bahwa saksi saksi yang melihat monster ini hanya berimajinasi tentang mithologi atau cerita rakyat yang berkembang di daerah tsb, bebrapa lainnya mengatakan bahwa hewan ini sejenis Wendigo yang hidup di daerah amerika utara atau hewan hewan raksasa yang hidup di amerrika utara pada masa Pleistocene atau hewan yang hidup di bawah tanah seperti Mylodon.

diantara banyak penelitian, seseorang yang terus mencoba untuk membuktikan keberadaan hewan ini adalah seorang ornithologist bernama David Oren. sepanjhang ekspediasi nya, dia berhasil mengumpulkan bermacam macam benda yang membuktikan keberadaan monster ini, seperti bulu agouti (<— ga tau apa ini), kotoran hewan dan beberapa jejak kaki yang belum dapat disimpulkan. oren sangat meyakini keberadaan hewan ini, dan dia yakin bahwa hewan ini sangat sulit untuk ditangkap, sangat langka dan menhindari kontak dengan manusia.